Desain Mitsubishi Xpander Cross Lebih Kokoh dan Agresif

Posted on

Sejak peluncurannya, Mitsubishi Xpander Cross langsung menciptakan keunggulan yang mengungguli varian terbaik dari Xpander, yaitu Xpander Ultimate.

Versi crossover Xpander ini tidak hanya unggul dalam hal fitur dibandingkan dengan varian Xpander lainnya, tetapi juga dalam dimensi dan desainnya.

Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Xpander Cross dan apa yang membedakannya dari varian Xpander lainnya? Simak penjelasannya hingga akhir.

Desain Mitsubishi Xpander Cross Lebih Kokoh dan Agresif
mitsubishi-motors.co.id

Mesin dan Performa Mitsubishi Xpander Cross

Sebelum kita membahas keunggulan dan perbedaan Xpander Cross dengan varian Xpander konvensional, penting untuk memahami bahwa Xpander Cross didasarkan pada Xpander Ultimate.

Xpander Ultimate adalah varian tertinggi dalam jini Mitsubishi Xpander. Jadi, Anda bisa menganggap Xpander Cross sebagai versi yang telah ditingkatkan dari Mitsubishi Xpander.

Semua varian Xpander menggunakan mesin 4A91 dengan kapasitas ruang bakar sebesar 1,5 liter. Mesin ini telah dilengkapi dengan desain noken as ganda (DOHC) dan teknologi MIVEC dari Mitsubishi untuk mengatur katupnya.

Khusus untuk Mitsubishi Xpander Sport, mesinnya dilengkapi dengan penutup bawaan, sehingga Anda tidak perlu membelinya dari pihak ketiga. Selain itu, teknologi peredam suara di dalam kabinnya diperkuat, mengurangi kebisingan hingga 80%.

Dalam hal kinerja saat dikendarai, Xpander Cross memiliki tingkat stabilitas yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh penyesuaian ulang yang dilakukan oleh Mitsubishi pada sudut caster, pegas, dan damper, sehingga lebih efektif dalam meredam gangguan dan goncangan.

Eksterior Xpander Cross

Bagian eksterior Mitsubishi Xpander Cross mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan varian biasa.

Bagian depannya terlihat lebih agresif dan kokoh dengan grille yang lebih terbuka dan gril yang lebih lebar. Skema desain di bagian bawahnya juga memberikan kesan kekuatan dan ketangguhan ala mobil Jeep dari Amerika.

Lampu depan Xpander Cross sudah menggunakan lampu LED, yang tentu saja lebih baik daripada Xpander Sport atau Ultimate yang masih menggunakan lampu halogen.

Untuk tampilan yang lebih garang, bilah krom di sekitarnya juga didesain lebih tebal dan memiliki karakter yang kuat, memberikan aura yang lebih mendalam daripada desain sebelumnya.

Ground clearance yang lebih tinggi (225 mm) membuat Xpander Cross cocok digunakan di medan yang menantang. Begitu juga dengan penggunaan velg bintang 5 berukuran lebih besar (17 inci).

Selain itu, molding di sisi kendaraan ini memanjang hingga bagian belakang dengan ukuran yang cukup besar, menunjukkan karakternya yang kuat.

Perbedaan utama Xpander Cross dalam hal eksterior juga dapat dilihat dari adanya rail roof di bagian atas. Ini membuat Xpander Cross sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh dengan membawa banyak barang dan penumpang. Antenna bagian atasnya pun didesain lebih elegan dengan bentuk sirip hiu (shark fin antenna). Bahkan, sangat berbeda dari antena mobil standar.

Ketangguhan varian Xpander ini juga terlihat dari dimensinya yang lebih tinggi dan lebar, dengan penambahan panjang sekitar 50 mm. Ini membuat ukuran total Mitsubishi Xpander Cross menjadi P = 4500 mm, L = 1800 mm, dan T = 1750 mm.

Interior Xpander Cross

Jika perbedaan terbesar antara Xpander Ultimate dan Sport terletak pada warna interior (Ultimate dengan warna beige cerah dan Sport dengan warna hitam elegan), Xpander Cross juga memiliki perbedaan serupa.

Perbedaan utama antara Xpander Cross dan Xpander biasa dalam hal interior adalah penggunaan warna paduan hitam dan coklat gelap.

Tampilan dasbor relatif sama, tetapi ada tambahan tombol untuk fitur Start/Stop Engine. Khusus untuk jok mobil Mitsubishi Xpander Cross, jika Anda menginginkan kemewahan yang lebih lengkap, Anda dapat membeli versi premium yang sudah dilapisi dengan kulit sintetis.

Fitur dan Keamanan Xpander Cross

Perbedaan antara berbagai varian Xpander, mulai dari GLS, GLX, Exceed, Sport, hingga Ultimate, terletak pada fitur-fiturnya. Dan sebagai versi yang telah ditingkatkan, Xpander Cross memiliki semua fitur yang ada pada varian tertinggi Xpander (Ultimate).

Namun, sebagai generasi terbaru, Xpander Cross telah dilengkapi dengan beberapa tambahan fitur meskipun tidak terlalu berbeda jauh. Salah satu tambahannya adalah electronic spion folding, yang memungkinkan penyesuaian sudut kaca spion tanpa harus meninggalkan posisi belakang kemudi.

Selain itu, fitur keamanan seperti ABS, HA, Dual Airbag, kamera belakang, dan ventilasi AC di bagian belakang tetap dipertahankan dari versi Xpander Ultimate.

Harga

Varian Xpander Cross dengan transmisi manual 5 percepatan tersedia mulai dari Rp 272,7 juta. Sementara itu, varian Xpander Cross dengan transmisi otomatis 4 percepatan tersedia mulai dari Rp 282,7 juta. Untuk varian Mitsubishi Xpander Cross Premium Edition dengan transmisi otomatis 4 percepatan, harganya dimulai dari Rp 292,7 juta.